Selamat Datang

Pertama-tama patut kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan YME karena atas ridho dan berkahnya kita mampu untuk menyusun sejarah satuan. Selanjutnya saya sampaikan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada seluruh personel yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam proses penyusunan hingga selesainya sejarah satuan ini.

Melalui buku sejarah satuan ini saya mengharapkan agar semua tugas, tanggung jawab para prajurit Yonarmed 4/105 GS akan selalu diingat, dipahami dan dapat dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab, disamping dapat mencatat semua prestasi prajurit di bidang kecabangan maupun bidang kemiliteran lainnya.

Perlu kita sadari bahwa suatu keberhasilan dalam pelaksanaan tugas dimanapun kita berada tidak dapat tercapai begitu saja, namun melalui suatu proses panjang yang membutuhkan waktu dan latihan yang dilaksanakan secara berkesinambungan.

Dengan dasar pemikiran itulah dipandang perlu bagi seluruh prajurit Yonarmed 4/105 GS untuk memiliki referensi sejarah satuan ini sebagai pedoman, sekaligus sebagai referensi evaluasi didalam pelaksanaan tugas.

Akhirnya marilah kita selalu memohon perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar dalam melaksanakan semua tugas dapat terlaksana dengan baik dan benar.

Rabu, 25 Maret 2009

Latihan Binjasmil/USJM Tahap I TA. 2009

Latihan Binjasmil/USJM Tahap I TA. 2009

Mutu dan kesiapan tempur satuan sangat ditentukan oleh kemampuan dari setiap personel di dalam melaksanakan tugas sesuai pangkat dan jabatannya, baik secara individu maupun dalam bentuk satuan. Oleh sebab itu kemampuan personel dan kemampuan satuan harus tetap dapat dipelihara dan di tingkatkan, sehingga diperlukan pembinaan melalui kegiatan latihan yang diprogramkan dan dilaksanakan secara terencana bertahap, bertingkat dan berlanjut.


Jasmani militer merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan prajurit TNI AD, sehingga memerlukan pembinaan latihan yang terus menerus terhadap seluruh anggota Yonarmed 4/105 GS dalam rangka memelihara dan meningkatkan mutu serta kesiapan tempur satuan.


Guna memelihara dan meningkatkan kesiapan dan mutu tempur satuan, dikaitkan dengan pembinaan jasmani militer maka Yonarmed 4 melaksanakan latihan pembinaan jamani militer/USJM pada tanggal 17-20 Maret 2009 di Makoyonarmed 4/105 GS dan sekitarnya. Latihan ini melibatkan seluruh personel Yonarmed 4/105 GS meliputi personel Ripur adhi, Raipur Budhi, Raipur Cakti dan Raima Yonarmed 4/105 GS.

Tujuan pelaksanaan latihan Binjasmil/USJM yaitu Memelihara dan meningkatkan kemampuan jasmani prajurit agar selalu siap untuk melaksanakan tugas pokok. Sedangkan sasaran latihan yang harus tercapai meliputi :

a. Kuantitatif. Seluruh personel Yonarmed 4/105 GS..

b. Kualitatif. Pengukuran kemampuan jasmani prajurit yang meliputi :

1) Pengukuran ketangkasan jasmani yang dilaksanakan dengan uji siap jasmani Tk. perorangan untuk semua golongan Ta, Ba dan Pa.

2) Pengukuran kesemaptaan jasmani yang dilaksanakan secara periodik untuk mencapai nilai prestasi minimal 61 atau kategori baik.

Adapun materi latihan yang dilaksanakan meliputi :

a. Postur. Pengukuran ttinggi / berat badan dengan klasifikasi ideal / harmonis / normal.

b. Kesegaran jasmani. Nilai 61 keatas.

c. Renang dasar. 25 M.

d. Perkelahian Militer.

1) Bela Diri Militer (Tk. Pratama).

2) Lempar pisau dan kampak (pisau jarak 3 M dan kampak 9 M masing-masing sikap berdiri).

3) Perkelahian sangkur.

e. Ketangkasan Jasmani.

1) Mountenering.

2) Halang Rintang.

3) Lintas medan.






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar